Menguak Keindahan Bawah Laut Bunaken

Nama Bunaken sudah sangat sering sekali tergaung di dalam kehidupan kita, sejak kita SD, sering sekali guru-guru kita selalu membicarakan keindahan laut di Bunaken.  Banyak sekali wisatawan mancanegara sangat mendambakan agar dapat berlibur dan menyelam di pulau kecil sebesar 8 km2 ini.

Pulau yang terletak di barat laut kota Manado ini, memiliki keaneka ragaman kehidupan yang sangat besar, karena pulau-pulau ini merupakan tempat dimana plankton-plankton yang merupakan makanan semua mahluk hidup biota laut naik ke permukaan. Karena banyaknya jumlah plankton yang naik ke atas permukaan laut, banyak biota laut yang memilih tempat ini sebagai rumahnya. Snorkler dan diver bisa melihat 70%-80% jenis biota laut yang ada di dunia, tujuh dari delapan spesies dari kerang raksasa dapat di ketemukan di Bunaken.

Keindahan Bunaken tidak hanya terdapat di landscapenya yang exotis, tapi juga di kedalaman airnya

DI Bunaken, banyak sekali yang dapat di lakukan untuk menikmati keindahan bawah lautnya, mulai dari melihat hanya dari glass bottom boat, snorkeling dan personal favorite, scuba diving.  Tidak heran jika scuba diving merupakan kegiatan yang paling menyenangkan bagi semua turis. disini para turis bisa menemui hampir 70-80% ikan dan terumbu karang yang ada di dunia.

Keindahan Bunaken di 5 Meter

Keindahan terumbu karang di Pulau Bunaken juga masih sangat bagus. Mereka tidak mengalami proses pemutihan atau coral bleaching, efek dari badai el-nino sehingga warna dan keindahannya tetap terjaga. Selain faktor alam, kondisi karang Bunaken juga di jaga oleh warga-warga sekitar yang berpatroli tanpa kenal lelah untuk menjaga keutuhan taman laut ini. Mereka menyadari, tanpa karang laut yang sehat maka mereka akan kehilangan mata pencaharian yang baik. Kesuksesan taman laut Bunaken sekarang di ikuti oleh semua taman laut yang bermunculan di Indonesia.

Keindahan Bunaken Di 15 meter

Di Bunaken, para  turis dapat menemui banyak sekali hal-hal yang jarang sekali dapat di lihat seperti:

Pygmy Seahorse:kuda laut adalah kuda laut yang sangat unik. Ukuran kuda laut ini hanya sebesar jari kuku, dan biasanya berwarna pink menyerupai rumahnya yang di gorgonian sea fan. Kuda laut ini akan selalu menyerupai warna dari rumah kuda laut tersebut untuk menghindari kejaran hewan pemangsa mereka seperti ikan kerapu.

Pigmy Seahorse dapat di ketemukan di Bunaken Jika anda sempat menyelam

Siput Laut atau yang biasa di sebut Nudibranch: Siput laut sangat mudah di ketemukan di Bunaken. Tidak seperti saudaranya yang di darat, siput laut tidak mempunyain cangkang yang keras tapi sangat beragam warnanya dapat juga di ketemukan di Bunaken. Untuk informasi dan foto-foto yang lebih lengkap tentang nudibranch silahkan kunjungi artikel ini

Siput laut seperti ini sangat mudah untuk di lihat di Bunaken

Sebagai tambahan, Bunaken merupakan tempat konservasi alam yang sukses, hal ini menyebabkan banyak sekali kura-kura yang dapat mencapai umur 80 tahun sehingga turis dapat melihat banyak sekali kura-kura sebesar meja tulis.

Stefanie, penyu hijau yang dapat di temukan di Bunaken merupakan salah satu dari penghuni laut Bunaken selama 100 tahun terakhir.

Menuju Kesana

Dari Jakarta banyak airline yang memiliki rute terbang ke Manado hampir tiap harinya. Untuk mencapai Manado, kita harus terbang selama kurang lebih 3 jam dari Jakarta. Di Manado, Anda dapat menginap di kota Manadonya lalu menghubungi dive resort untuk mengaturkan liburan anda di pulau Bunaken sehingga  liburan anda lebih nyaman dan tidak terlalu banyak mengurusi urusan-urusan seperti logistik dan kapal.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di travel destination dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Menguak Keindahan Bawah Laut Bunaken

  1. Dodid Murdohardono berkata:

    Kami ingin memuat dari salah satu foto ini untuk melengkapi panel peraga dalam museum karst. Bagaiman persyaratannya apakah free atau cukup menyebutkan sumbernya, mohon jawaban

  2. ftansari berkata:

    mas mau foto yang mana? kemarin siang sudah saya balas…. SIlahkan di cek di email ya :)

  3. edwin djuanda berkata:

    Foto underwaternya bagus-bagus . Yang penyu , ada divernya: bagus sekali, bisa buat salon (pameran) tuh . Nanti datang ke komunitas foto Candra Naya, tanggal 24 Nov 2010 di Kyoei Prince Jalan jendral Sudirman Jakarta, jadi bisa berbincang2 . Info di http://www.candranaya.com. Salam kenal

  4. Ping balik: Pantai bunaken « Blog Archive « cvmega

  5. Ping balik: 2010 in review | Images of Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s