Jalan-jalan di pulau pramuka

Pulau pramuka, salah satu pulau dari kepulauan seribu yang berpenghuni. Sebagian besar penduduknya ber mata pencaharian sebagai nelayan. Apa yang membuat pulau ini spesial? Pulau ini ternyata terdapat sangat banyak tempat-tempat diving yang cukup indah. Dengan jarak tempuh yang relatif cepat, Pulau pramuka memberikan tempat liburan yang cukup murah untuk para penduduk jakarta.

Ada beberapa pilihan untuk turis-turis yang datang ke pulau seribu. Turis dapat menginap di Villa de-lima atau dapat menyewa rumah penduduk dengan harga yang relatif murah. Di villa ini, kita dapat meminjam peralatan snorkling untuk orang-orang yang belum bisa menyelam ke bawah laut. Penyelam dapat menikmati banyaknya kapal karam di daerah Pulau Pramuka.

Villa delima menyediakan kamar yang layak untuk para backpackers ke pulau pramuka

Di balik dermaga pulau pramuka, terdapat sebuah kapal latih yang karam di kedalaman 30 meter. Kapal ini sudah menjadi tempat yang baik untuk tumbuhnya karang-karang sehingga menjadi tempat dimana ikan-ikan dapat tinggal. Kapal latih ini biasa menjadi ajang latihan para penyelam pemula untuk melakukan wreck diving.

Kapal latih pulau Pramuka yang terdapat di kedalaman 30 meter

Kapal latih pulau Pramuka yang terdapat di kedalaman 30 meter

Selain kapal latih, ada beberapa tempat yang cukup indah untuk para diver, seperti pulau balik layar. Pulau balik layar menyimpan keindahan di dalam atoll-atoll yang terdapat di sekitaran pulau tersebut. Atoll adalah “pulau” bawah laut yang masih tenggelam di bawah permukaan laut. Atoll-atoll tersebut merupakan tempat tumbuh yang cukup baik bagi terumbu karang, maka banyak sekali soft coral yang berwarna-warni di tempat tersebut.

Di balik kegersangan pulau balik layar, pulau ini menyimpan keindahan tersendiri di dalam laut sekitarnya

Di balik kegersangan pulau Balik Layar, pulau ini menyimpan keindahan tersendiri di dalam laut sekitarnya

Setelah lelah menjelajahi pulau seribu, pengunjung dapat bersantai di kapal atau di tepi pantai sambil menikmati sunset di pulau seribu

Setelah lelah menjelajahi pulau seribu, pengunjung dapat bersantai di kapal atau di tepi pantai sambil menikmati sunset di pulau seribu

Selain menjelajahi pulau ini, Pengunjung juga dapat membantu menjaga kelestarian Pulau Pramuka. Di Pulau Pramuka terdapat sebuah penangkaran penyu yang cukup terpelihara. Banyak telur penyu yang telah di tetaskan di tempat ini. Pengunjung biasanya bisa melepaskan kura-kura yang sudah cukup dewasa kelaut dengan membayar sejumlah uang yang akan di gunakan untuk menjaga penangkaran penyu ini.

Tukik yang akan menjadi penyu yang besar di bantu oleh penangkaran penyu di pulau pramuka agar dapat memberikan mereka awal yang lebih baik di bandingkan melepas tukik tersebut ke laut setelah mereka menetas

Tukik yang akan menjadi penyu yang besar di bantu oleh penangkaran penyu di pulau pramuka agar dapat memberikan mereka awal yang lebih baik di bandingkan melepas tukik tersebut ke laut setelah mereka menetas

Selain tempat-tempat yang saya sebutkan, saya percaya masih banyak tempat yang belum pernah saya jelajahi di pulau seribu ini. Maka dari itu, saya menganjurkan untuk menjelajahi tempat ini lebih daripada yang saya tuliskan. Happy traveling!

Pos ini dipublikasikan di travel destination dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Jalan-jalan di pulau pramuka

  1. MAYEL berkata:

    bravo unt para pnyelamat SDA trutama penyu
    bleh sdikit minta informs nggak?
    konsrvasi penyu ap aja d sn?
    ad no telp yg bs d hbungin nggak?
    niatny sih TA mau ambl konsrvasi penyu…
    tlg ini no gue 081266536713, atw k email aja…
    trim ksh

    • ftansari berkata:

      Selama ini sih yang saya lihat sih cmn ada penyu hijau dan hawskbill turtle.. gak tau kalau ada yang lain lagi…

  2. Ping balik: 2010 in review | Images of Indonesia

  3. Mantep euy jalan jalan kepulau seribu,…. sekali kesana pengin kesana lagi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s